UM Jadi Tuan Rumah Monev Riset Kolaborasi Indonesia 16 PTNBH

DPM UM – Universitas Negeri Malang (UM) jadi tuan rumah Monitoring dan Evaluasi (Monev) Riset Kolaborasi Indonesia (RKI) PTNBH tahun ini, di Graha Cakrawala, Selasa (6/9). Sebab UM baru saja berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH).

PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU UNIVERSITAS NEGERI MALANG TAHUN 2022 - UM Jadi Tuan Rumah Monev Riset Kolaborasi Indonesia 16 PTNBH

PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU UNIVERSITAS NEGERI MALANG TAHUN 2022

Rektor UM Prof Dr AH Rofi’uddin MPd membuka monev RKI PTNBH tersebut. Ia mengatakan berkumpulnya seluruh peneliti PTNBH, dapat membangun semangat untuk meningkatkan proses riset, meningkatkan luaran, dan memanfaatan jaringan dari konsorsium RKI PTNBH. “Semoga selain luaran berupa publikasi di jurnal ilmiah internasional bereputasi, RKI ini dapat menghasilkan sumbangan produk, kebijakan, yang bermanfaat bagi masyarakat,” harapnya.

RKI merupakan salah satu program yang diusung Kemendikbud dalam melahirkan penelitian yang berkualitas. Tak hanya itu RKI juga mendorong hilirisasi produk untuk membantu mensukseskan program Pemerintah.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UM Prof Dr Markus Diantoro MSi mengatakan RKI ini melibatkan kerja sama antar 16 PTNBH se­Indonesia, universitas luar negeri, dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Skema RKI terdiri dari tiga skema, yaitu skema A, B dan C. “Skema A, penelitian melibatkan minimum tiga PTNBH. Skema B, selain dari PTNBH juga harus ada BRIN. Skema C, selain PTNBH juga harus ada mitra dari luar negeri. Sehingga total ada 440 riset dari ketiga skema itu,” jelasnya.

Adanya RKI ini, mampu memperkuat dan transfer keilmuan serta teknologi antara tiga universitas PTNBH. Untuk menjadikan perguruan tinggi di Indonesia berdaya saing internasional, RKI muncul sebagai wadah dalam melahirkan penelitian yang berkualitas dan menghasilkan publikasi berupa output jurnal internasional terindeks minimal scopus. Namun Prof Markus juga mendorong menghasilkan outcome dari penelitian.

“Bukan sekedar output dari riset, harapannya juga outcome. Bisa dilihat manfaatnya dan dirasakan oleh masyarakat dan bangsa. Bukan publikasi di jurnal ilmiah terindeks bereputasi saja, tapi juga ada produk bisa dikerjasamakan oleh industri dan kementerian. Beberapa sudah menunjukkan itu,” ucapnya.

Mantan dekan FMIPA UM itu juga mengungkapkan bahwa sistem input riset kolaborasi ini dimudahkan dengan sistem online yaitu melalui laman risetkolaborasi.id. Sehingga proposal beserta dokumen pendukung dalam bentuk softcopy dikirim melalui website sistem informasi RKI tersebut.

“Konsorsium 16 PTNBH bangun sistem sendiri, membiayai sendiri. Kalau dulu kan masih manual, sekarang proposal bisa diunggah langsung melalui sistem ini. Jadi laporan keuangan, laporan kemajuan proposalnya, hasilnya dan koordinasi ada tambahan atau tidaknya juga masuk ke sistem,” paparnya.

Dengan adanya sistem ini menjadi lebih baik bukan hanya menyoal tata administrasi, namun juga dimudahkan mengenai informasi RKI. Harapannya para peneliti, reviewer, pimpinan PT dapat dimudahkan dengan adanya sistem ini.

Di acara RKI PTNBH itu, para pimpinan LPPM juga melakukan koordinasi seluruh kegiatan dan kedinasan LPPM PTNBH. Koordinasi ini membahas terkait kelembagaan, laporan dan rencana kerja, pendanaan kelembagaan, dan kontribusi yang akan dilakukan untuk membangun bangsa di bidang riset.

Sumber: radarmalang.jawapos.com

UM Jadi Tuan Rumah Monev Riset Kolaborasi Indonesia 16 PTNBH. Ini UM Jadi Tuan Rumah Monev Riset Kolaborasi Indonesia 16 PTNBH. Info UM Jadi Tuan Rumah Monev Riset Kolaborasi Indonesia 16 PTNBH. Tentang UM Jadi Tuan Rumah Monev Riset Kolaborasi Indonesia 16 PTNBH. Ini UM Jadi Tuan Rumah Monev Riset Kolaborasi Indonesia 16 PTNBH. Jika UM Jadi Tuan Rumah Monev Riset Kolaborasi Indonesia 16 PTNBH. Maka UM Jadi Tuan Rumah Monev Riset Kolaborasi Indonesia 16 PTNBH. Jadi, UM Jadi Tuan Rumah Monev Riset Kolaborasi Indonesia 16 PTNBH.

Pustaka Guru. Info Pustaka Guru Indonesia. Tentang Pustakaguru. Jadi Pustakaguru.id. Pusat PT Pustaka Guru. PT Pustaka Guru Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.